CAPTION
Muhammad Irfan, M.Pd
A.
KOMPETENSI
DASAR
3.3 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk teks caption, dengan memberi
dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
KD pada KI keterampilan
4.3 Teks penyerta gambar (caption)
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption
terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
KD 3.3 pada KI
pengetahuan
1.
Setelah
menyimak, mengamati dan membaca beberapa
teks khusus dalam bentuk teks caption,
peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
tepat.
2.
Setelah
menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption,
peserta didik dapat menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
tepat.
3.
Setelah
menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption,
peserta didik dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
tepat.
KD 4.3 pada KI Keterampilan
1. Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat menerapkan makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan
tepat.
2. Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat menunjukkan makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dengan tepat.
3. Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat membuat teks caption dengan benar.
Caption
·
Definition
: a short piece of text under a picture
in a book, magazine, or newspaper that describes the picture or explains what
the people in it are doing or saying.
·
Sosial function: To tell the reader all the
factual information they need to know about the photo.
·
Text Structure
Ø Agent
Ø Event
Ø Situation
Ø Credits
·
Language features
Ø Attention
getter makes the caption/photo connection.
Ø Use
strong, visual, specific nouns.
Ø Use
colorful, lively action verbs.
Ø First
sentence uses the present tense.
Ø First
sentence appropriately identifies who is in the photo and describes what is
happening without stating the obvious.
Ø Complementary
information is presented in past tense and takes the reader beyond the
Ø moment
of the photo.
Ø Include
as many of the who, what, when, where, why and how.
Ø Use
active, not passive voice
Examples:
https://www.google.com/amp/s/dictionary.cambridge.org/amp/english/caption http://walsworthyearbooks.com https://examples.yourdictionary.com/reference/examples/examples-of-complete-sentences.html
https://apimagesblog.com/blog |
Tidak ada komentar
Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.