Header Ads

ads header

Breaking News

 CAPTION

Muhammad Irfan, M.Pd

A.       KOMPETENSI DASAR

KD pada KI pengetahuan

3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

KD pada KI keterampilan

4.3 Teks penyerta gambar (caption)

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.

4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

B.       TUJUAN PEMBELAJARAN  

KD 3.3 pada KI pengetahuan

1.      Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan tepat.

2.       Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan tepat.

3.       Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan sesuai dengan konteks penggunaannya dengan tepat.

KD 4.3 pada KI Keterampilan

1.      Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat menerapkan makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan tepat.

2.      Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat menunjukkan makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan tepat.

3.      Setelah menyimak, mengamati dan membaca beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, peserta didik dapat membuat teks caption dengan benar.

 

Caption

·           Definition :  a short piece of text under a picture in a book, magazine, or newspaper that describes the picture or explains what the people in it are doing or saying.

·           Sosial function: To tell the reader all the factual information they need to know about the photo. 

·           Text Structure

Ø  Agent

Ø  Event

Ø  Situation

Ø  Credits

 

·           Language features

Ø  Attention getter makes the caption/photo connection.

Ø  Use strong, visual, specific nouns.

Ø  Use colorful, lively action verbs.

Ø  First sentence uses the present tense.

Ø  First sentence appropriately identifies who is in the photo and describes what is happening without stating the obvious.

Ø  Complementary information is presented in past tense and takes the reader beyond the

Ø  moment of the photo.

Ø  Include as many of the who, what, when, where, why and how.

Ø  Use active, not passive voice

Examples:

  

 


Referensi


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.