Header Ads

ads header

Breaking News

Report Text: Pengertian, Struktur dan Contoh




Pengertian Report Text

Report text adalah sebuah teks bahasa Inggris yang menyajikan informasi sebagaimana apa adanya. What does it mean? Jadi isi report text itu memberi informasi terkait suatu objek, yang bisa berupa hewan, tempat, kejadian atau yang lainnya secara umum dan sesuai dengan keadaan objek tersebut. Misalnya objek tersebut rusak, maka isi teks tersebut akan memberi tahu keadaan objeknya tidak dalam kondisi yang baik.

Perlu kamu ketahui, report text ini punya kemiripan dengan descriptive text. Kedua teks bahasa Inggris ini sama-sama memberikan informasi terkait suatu objek, yang dapat berupa manusia, hewan, tempat, kejadian atau yang lainnya. Selain itu, fungsi kedua teks ini memberikan informasi faktual terkait objek yang digambarkan kepada pembaca. 

edanya? Descriptive text akan menggambarkan sesuatu objek yang khusus, sedangkan report text memberi informasi terkait objek yang sifatnya umum. Misalnya kalau dalam bentuk teks, descriptive text akan berbicara tentang “My House”, yang akan membahas mengenai karakteristik “Rumahku”, letaknya di mana, warnanya apa, di dalamnya terdapat berapa tingkat dan lain-lain. Sedangkan report text akan berisi tentang “House” yang membahas tentang apa yang dimaksud dengan “Rumah”, seperti membahas struktur rumah berupa dinding, lantai, atap, pintu, jendela dan lain-lain.

Struktur Report Text

Report text memiliki struktur sebagai berupa general classification dan description.

1. General classification

General classification terdapat pada paragraf pertama. Dalam paragraf tersebut akan membahas mengenai aspek umum terkait objek yang akan ditulis. Misalnya tumbuhan, hewan, tempat, benda, dan lain-lain. Contoh:

Television, or TV, is one of humanity’s most important means of communication. It brings pictures and sounds from around the world into millions of homes.

(Televisi atau TV adalah salah satu alat komunikasi manusia yang paling penting. TV membawa gambar dan suara dari seluruh dunia ke dalam jutaan rumah.)

2. Description

Description akan terdapat pada paragraf kedua hingga selesai. Di dalamnya terdapat pembahasan yang akan lebih detail dan akan terdapat beberapa bagian. Misalnya karaktersitik dari seekor hewan, kemudian habitatnya, lalu makanannya dan lain-lain.

People, with a television set in their houses, can sit and watch the president makes a speech or visits a foreign country. They can see a war being fought. Through television, viewers at home can see and learn about people, places, and things in a away lands.

Additionally, television brings its viewers a steady stream of programs that are designed to entertain. In fact, TV provides many more entertainment programs than any other kind of information media. The programs include action-packed dramas, light comedies, soap operas, sports events, cartoons, quizzes, variety shows and motion pictures.

(Orang-orang dengan televisi di rumah mereka dapat duduk dan menonton pidato presiden atau presiden yang sedang mengunjungi suatu negara. Mereka bisa melihat perang yang sedang berlangsung. Melalui televisi, penonton di rumah dapat melihat dan mempelajari tentang orang, tempat, dan hal-hal yang jauh dari mereka.

Selain itu, televisi dapat membawa penontonnya berbagai macam aliran program yang didesain untuk menghibur. Faktanya, TV menyediakan banyak program hiburan dibandingkan jenis informasi media lainnya. Program TV termasuk drama, komedi ringan, opera sabun, acara olah raga, kartun, kuis, variety show dan film.)


Kaidah Kebahasaan Report Text

Kaidah kebahasaan dalam report text meliputi penggunaan simple present tense dan logical connector.

1. Simple present tense

Simple present tense adalah kalimat dengan pola kata kerja yang menggambarkan keadaan di masa sekarang. Contohnya:

People, with a television set in their houses, can sit and watch the president makes a speech or visits a foreign country.

2. Logical connector

Logical connector adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan sebuah ide, kata atau frasa dengan ide, kata atau frasa yang lainnya. Contohnya:

“…can sit and watch the president makes a speech or visits a foreign country.


Contoh Report Text

Berikut adalah contoh-contoh report text beserta terjemahannya:

1. Contoh Report Text tentang Panda





Have you known a panda? What are pandas look like? Well, pandas are mammals. It means that pandas bear live babies. They feed the babies on milk.

A panda is like a bear. their bodies are typical. It has two dominant colors, white and black. Panda’s fur is seen dominantly in white or snowy. While the legs, ears, eyes, and also muzzle are covered with black fur. Formerly, pandas lived in South and East China. It was also found in part of Myanmar and Vietnam. Today, the panda is seen a lot in forest areas in Sichuan, Gansu, and Shaanxi of China Panda looks cute however it is actually a wild animal. It is like a bear. Because it has strength, the panda potentially becomes a frightful animal.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.