Header Ads

ads header

Breaking News

Seni Musik ( SENI BUDAYA KELAS XI IPA LONG & AGAMA)

 Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Fungsi, Beserta Jenisnya



Pengertian Seni Musik

1. Reed dan Sidnell
Seni musik adalah suatu cabang seni suara yang di dalamnya mengandung unsur ritme, melodi, harmoni, dan timbre.

2. Schopenhauer
Seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik serta beberapa nada, baik instrumental maupun vokal yang mencangkup harmoni dan melodi sebagai ekspresi yang diungkapkan dalam segi emosional.

3. Soeharto
Musik merupakan seni dalam mengungkapkan gagasan dengan bunyi yang unsur dasarnya berupa irama, melodi, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat serta warna bunyi.

Tujuan seni musik adalah untuk mengekspresikan perasaan dan emosi melalui
Suara dan bunyi dari instrumen musik. Dijelaskan dalam situs belajar Lebanon Valley College, musik adalah salah satu bentuk

1. Reed dan Sidnell
Seni musik adalah suatu cabang seni suara yang di dalamnya mengandung unsur ritme, melodi, harmoni, dan timbre.

2. Schopenhauer
Seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik serta beberapa nada, baik instrumental maupun vokal yang mencangkup harmoni dan melodi sebagai ekspresi yang diungkapkan dalam segi emosional.

3. Soeharto
Musik merupakan seni dalam mengungkapkan gagasan dengan bunyi yang unsur dasarnya berupa irama, melodi, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat serta warna bunyi.

Tujuan seni musik adalah untuk mengekspresikan perasaan dan emosi melalui
Suara dan bunyi dari instrumen musik. Dijelaskan dalam situs belajar Lebanon Valley College, musik adalah salah satu bentuk mengekspresikan pengalaman hidup manusia.

Sejarah Seni Musik

Dilansir Encyclopedia Britannica, dalam konsepsi sejarah, pada awal abad ke-20, musik dianggap sebagai hal yang biasa, di mana nada musik dicirikan oleh keteraturan getarannya. Hal tersebut menghasilkan nada tetap dan membedakan bunyinya musik dari kebisingan.

Pandangan tadi mungkin didukung oleh musik tradisional. Namun, di paruh kedua abad ke-20, kebisingan serta keheningan itu sendiri dianggap menjadi elemen dalam komposisi dan suara acak oleh komposer, seperti American John Cage.

Kemudian munculnya mesin elektronik telah memungkinkan beberapa komposer untuk membuat karyanya, seperti untuk merekam, langsung pada kaset atau file digital.

Dari catatan sejarah seni musik, mengungkapkan bahwa kemungkinan ekstasi seni musik telah diakui di semua budaya di dunia, dan biasanya diterima dalam berbagai praktik kehidupan.

Unsur Seni Musik


Musik bisa terdengar indah karena di dalamnya memiliki unsur yang tergabung satu sama lain.



1. Melodi
Melodi adalah rangkaian nada berdasarkan naik-turun atau tinggi-rendahnya bunyi. Biasanya, melodi terdiri dari pitch, tone, serta durasi.

2. Ritme/Irama
Ritme atau irama merupakan aliran ketukan dasar secara teratur yang geraknya mengikuti variasi melodi. gerak teratur bisa mengalir karena adanya aksen secara tetap.

3. Birama
Birama yaitu ayunan atau ketukan berulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Umumnya, birama dilambangkan dengan angka pecahan, seperti 2/4, 2/8, 3/4, dan seterusnya.

Di mana, tanda "/" menunjukkan jumlah ketukan, dan angka penyebut setelah tanda "/" menunjukkan nilai nada di suatu ketukan.

4. Harmoni
Harmoni merupakan keselarasan bunyi. Dalam hal ini, indahnya sebuah lagu ditentukan dengan harmoni yang baik.

5. Tempo
Tempo adalah cepat lambatnya gerak musik atau ukuran cepatnya birama lagu. Tanda tempo terbagi menjadi tempo lambat, sedang, cepat, dan tempo perubahan.

Beat adalah ukuran untuk menentukan tempo, sebagai seberapa banyaknya ketukan dasar dalam 1 menit.

6. Dinamik
Dinamik yaitu keras lembutnya lagu serta perubahannya. Dinamik terbagi menjadi dinamik lembut, sedang, dan keras yang di dalamnya memiliki level-level tertentu.

Salam seni musik, dinamik atau dinamika biasanya akan memainkan perasaan pemusik atau pendengarnya untuk masuk ke dalam musik yang sedang didengarnya.

7. Tangga Nada
Tangga nada merupakan urutan deret yang yang disusun berjenjang, di mana antara nada satu dengan lain memiliki jarak tertentu.

Contoh, kalau kita suarakan itu seperti do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Nah, itu artinya kita menyuarakan urutan nada dari nada rendah ke nada tinggi.

8. Timbre
Timbre yaitu warna bunyi atau kualitas bunyi sebagai pembeda kesan musik. Timbre dari suatu alat musik akan dipengaruhi oleh cara bergetar dan sumber suaranya.

9. Notasi
Notasi adalah unsur seni musik yang membentuk lagu. Notasi terdiri dari notasi angka dan notasi balok (simbol tinggi rendahnya suara yang bentuknya gambar).

Fungsi Seni Musik
Seni musik sebagai sarana apresiasi yang memiliki beberapa fungsi disesuaikan dengan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Dikutip e-modul Kemdikbud Seni Budaya Paket C Setara SMA/MA, fungsi seni musik secara umum antara lain:

Fungsi Psikologis
Musik dimaknai sebagai sesuatu yang dianggap mampu memberikan efek psikologis tertentu bagi pembuat musik itu sendiri, dan juga bagi pendengarnya.

Fungsi Ekspresi
Seni musik dimaknai memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi dari seniman dalam mengungkapkan perasaannya. Misal, pemakaian musik dijadikan media ekspresi untuk menyatakan cinta, kritik sosial, dan masih banyak lagi.

Fungsi Keindahan
Seni musik berfungsi sebagai keindahan dari sebuah kebudayaan. Misalnya, pertunjukan wayang di Jawa akan ditambahkan instrumen musik dari gending Jawa sebagai unsur pendukung keindahannya.

Fungsi Ritual dan Spiritual
Seni musik difungsikan sebagai sebuah dari upacara adat dan ritual keagamaan. Di mana, biasanya setiap ritual atau tradisi tertentu dilakukan dengan diiringi musik.

Fungsi Dekoratif
Dalam hal ini, seni musik berfungsi sebagai elemen dekorasi atau ornamen di dalamnya yang memiliki makna dan simbol. Contohnya, perkusi sebagai alat musik pukul dalam instrumennya menjadi salah satu unsur dalam mempertegas suatu lagu.

Jenis-jenis Seni Musik
Jenis musik dibedakan dalam beberapa kategori. Secara umum, seni musik terbagi menjadi musik tradisional dan musik modern

1. Musik Modern
Seni musik modern adalah musik yang bersifat universal alias tidak terikat pada suatu daerah tertentu dan dipengaruhi oleh teknologi modern.

Seiring perkembangannya musik muncul dalam berbagai bentuk. Dilansir situs English Club, berikut merupakan beberapa jenis seni musik populer:

Musik klasik
Musik latin
Jazz
Rock n roll
Musik blues
Hip hop
Rhythm dan blues
Musik country
Musik soul

2. Musik Tradisional
Di Indonesia sendiri, kita mengenal beberapa jenis musik tradisional. Berikut beberapa contohnya:

Musik daerah
Keroncong
Melayu
Dangdut

lagu daerah alor 

Leworo piring sina e
Lewo e piring sina
Tana ro mako jawa e
Tana e mako jawa
Tana ro mako jawa e
Tana e mako jawa e

Leworo sama doang e
Lewo e sama doang
Doang e ilo liko e
Doang e ilo liko e
Doang e ilo liko
Doang e ilo liko




sinji tena 


Sinji tena ee 

Watang baolang ee

 Apelerung gere ee

 Apelerung gere tuli`tofe tuli-tuli ee

 Mone noe

 atiketi dodo ee 

Tani tefa ratang ee 

Tani tefa ratang balu sinja noo O balu sinja ee 

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.