Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 2 | APPLICATION LETTER : PENERTIAN, CONTOH, DAN CARA PEMBUATANNYA | BAHASA INGGRIS XII | Sem. 1

 Application Letter: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

Application letter atau cover leter atau surat lamaran kerja adalah surat resmi yang ditulis untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan ini berisi tentang latar belakang dan minat pelamar pada lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Jangan lupa cantumkan keterampilan dan pengalaman kerja profesional Anda untuk dituangkan pada surat lamaran pekerjaan tersebut. Berikut ini contoh dan cara membuatnya agar surat lamaran pekerjaan Anda dilirik HRD.

Pengertian Application Letter
Application letter atau surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen yang dikirimkan kepada pimpinan perusahaan atau pihak perekrut untuk melamar pekerjaan. Surat ini berisi minat, kualifikasi, dan pengalaman khusus yang dinilai relevan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia.

Surat lamaran pekerjaan ini harus menyoroti pencapaian dan keahlian Anda untuk menarik perhatian dari perekrut atau HRD. Ketika ditulis dengan baik, surat lamaran ini akan menjelaskan kepada pembacanya, alasan mereka harus mengundang Anda untuk wawancara dan menilai Anda cocok bekerja di lowongan yang tersedia.

Surat lamaran pekerjaan yang baik bisa menarik perhatian perekrut atau HRD dan membedakan Anda dengan kandidat lainnya. Tunjukkan jika tujuan dan aspirasi profesional Anda selaras dengan tujuan perusahaan agar surat lamaran dilirik.

Struktur Job Application Letter (Cover Letter)
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan, simak langkah-langkah di bawah ini untuk menyertakan informasi yang Anda sertakan lengkap dan menarik bagi pihak perekrut pekerjaan.

1. Gunakan Format Resmi
Surat lamaran kerja harus ditulis dengan profesional dan menggunakan bahasa formal. Format dokumen harus mencakup spasi tunggal, margin satu inchi dan rata kiri. Sebaiknya gunakan font Times New Roman dalam ukuran dari 10 hingga 12 poin.

Usahakan surat lamaran kerja Anda dibuat dalam satu halaman agar ringkas. Hal ini bertujuan agar surat lamaran Anda dilirik dan meninggalkan kesan sebagai calon karyawan profesional.

2. Buat Heading
Jangan lupa gunakan heading formal untuk surat lamaran pekerjaan Anda. Judul ini harus mencakup nama dan informasi kontak Anda, tanggal dan nama serta alamat perusahaan.

Jika Anda mengirim surat lamaran kerja melalui email, Anda dapat menghilangkan nama dan informasi kontak Anda dari header dan meletakkannya di bagian bawah email setelah tanda tangan.

Contoh:

[Nama]
[Kota Anda dan kode pos]
[Nomor telepon Anda]
[Alamat email Anda]

{Tanggal]

[Nama manajer perekrut atau supervisor]
[Judul manajer perekrutan atau supervisor]
[Nama perusahaan]
[Alamat fisik perusahaan]

Dengan menyertakan heading yang profesional dan detail, Anda bisa mempermudah pihak perekrut untuk menindaklanjuti atau menghubungi Anda dari kontak yang tersedia.

3. Tujukan Surat kepada Manajer Perekrutan atau HRD
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, sebaiknya Anda mencari nama pihak yang akan mereview surat lamaran tersebut. Tujukan surat lamaran kerja Anda kepada orang ini dengan sapaan formal, 'Dear Mr/Ms', dan nama mereka.

Jika Anda kesulitan mendapatkan sapaan yang tepat tentang pihak perekrut, Anda bisa menulis, 'Dear (nama lengkap HRD)' atau 'Dear Hiring Manager'.

4. Kaidah Kebahasaan Job Application Letter (Cover Letter)
Kaidah kebahasaan mengacu pada fitur bahasa umum yang dijumpai dalam sebuah teks. Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks surat lamaran adalah passive voice.

Berikut catatan lainnya:

a. Struktur Kalimat. Grammar yang akurat menjadi poin utama dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.
b. Gaya Bahasa. Bahasa yang digunakan boleh bersifat personal. Misalnya saja menggunakan kata ganti orang pertama dan kedua.
c. Diizinkan menggunakan contractions, misalnya hes's, she's, haven't, dan they're.
Meski menggunakan gaya bahasa informal, jangan pernah gunakan kalimat atau bahasa yang menyinggung, dan tetap menggunakan kalimat dengan grammar yang tepat.

Contoh Job Application Letter (Cover Letter)
Contoh application letter. Foto: Tangkapan layar/modul Job Application Letter Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII MAN ALOR

contoh application letter




Mengutip The Balance Career, berikut ini contoh Job Application Letter yang dikirim via email:

Subject: Colleen Warren - Web Content Manager Position

Dear Hiring Manager,

I'm writing to express my interest in the Web Content Manager position listed on Monster.com. I have experience building large, consumer-focused health-based content sites. While much of my experience has been in the business world, I understand the social value of this sector and I am confident that my business experience will be an asset to your organization.

My responsibilities have included the development and management of: website editorial voice and style; editorial calendars; and the daily content programming and production for various websites.

I have worked closely with healthcare professionals and medical editors to help them to provide the best possible information to a consumer audience of patients. I have also helped physicians to use their medical content to write user-friendly and easily comprehensible text.

Experience has taught me how to build strong relationships with all departments in an organization. I have the ability to work within a team as well as cross-team. I can work with web engineers to resolve technical issues and implement technical enhancements.

I am confident working with development departments to implement design and functional enhancements, and to monitor site statistics and conduct search engine optimization.

Thank you for your consideration.

Colleen Warren
colleen.warren@noemail.com
555-123-1234
www.linked.com/colleenwarren

Cara Membuat Application Letter
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan pastikan ada poin-poin di bawah ini:

1. Tinjau Informasi Perusahaan dan Posisi
Poin utama saat menulis surat lamaran pekerjaan tunjukkanlah minat pada posisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Luangkan waktu untuk mencari informasi tentang perusahaan yang bisa Anda temukan di situs web perusahaan, serta posisi pekerjaan yang kosong.

Bandingkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan daftar keterampilan yang dibutuhkan pada lowongan pekerjaan tersebut. Anda juga bisa mencantumkan pengalaman kerja yang terkait dengan posisi lowongan yang akan Anda lamar, misalnya saja memimpin tim atau mengelola event besar.

2. Buka Surat Laman dengan Menjelaskan Ketertarikan Anda
Pada paragraf pertama surat lamaran Anda, sebutkan judul pekerjaan yang dilamar dan di mana Anda melihat lowongan pekerjaan tersebut. Cantumkan minat Anda secara spesifik pada lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan sehingga pembaca Anda tahu jika surat ini bukan lamaran pekerjaan umum.

Jelaskan secara singkat pengalaman atau kualifikasi yang membuat Anda cocok dengan lowongan yang tersedia. Ini merupakan poin yang akan menarik bagi perekrut atau HRD.

3. Uraikan Pengalaman dan Kualifikasi Anda
Pada paragraf selanjutnya surat lamaran kerja harus menyoroti pengalaman, kulifikasi, dan keahlian Anda yang selaras dengan tujuan dan misi perusahaan.

4. Sertakan Aspek Kepribadian Anda
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan, pertimbangkan untuk mencantumkan aspek kepribadian Anda dengan tetap profesional. Susun surat dengan ramah dan menarik agar dilirik perekrut pekerjaan.

5. Sampaikan Apresiasi
Sebelum menandatangani surat lamaran pekerjaan, sampaikan tentang apresiasi Anda kepada perekrut atau HRD yang membaca surat dan mempertimbangkan lamaran Anda. Pihak perekrut telah meluangkan waktunya untuk membaca surat lamaran yang Anda tulis, jadi sampaikan rasa terima kasih untuk waktu yang telah dihabiskan secara sopan dan profesional untuk menutup dokumen.

Misalnya, 'I appreciate the time you have taken to review my application letter. Since you likely received a number of applications and letters for this open position, I am extremely grateful for the time you have spent reading about me and what would make me a good fit for this role'.

6. Penutup Surat
Banyak orang menggunakan 'Sincerely' atau ' Best' untuk menutup surat dengan tanda tangan. Penutup surat lamaran pekerjaan harus berisi nama lengkap Anda. Jika Anda mengirimkan hard copy surat tersebut, sertakan tanda tangan Anda di atas nama Anda. Saat mengirimkan surat lamaran melalui email, Anda harus menyertakan informasi kontak Anda di bawah nama Anda, bukan di header.






Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.