Header Ads

ads header

Breaking News

Pengertian Warna, Makna, Jenis, dan Skemanya | Seni Budaya XI IPA - Agama

WARNA


A. PENGERTIAN WARNA

Secara fisika, warna ditimbulkan oleh sinar matahari. Apabila kita menyorotkan sinar matahari ke sebuah kaca prisma, sinar tersebut akan terurai menjadi beberapa sinar warna yang disebut spektrum warna.
Setiap spektrum mempunyai kekuatan gelombang yang kemudian sampai pada mata kita, sehingga kita dapat melihat warna tertentu.
Secara psikologi, warna terbukti dapat memengaruhi kegiatan fisik maupun mental. Reaksi kita terhadap warna bersifat instingtif dan perseorangan, sehingga sensitivitas setiap orang juga berbeda.
Peran warna dalam kegiatan seni sangat esensial. Dengan adanya warna, suatu karya seni dapat dipahami oleh penikmatnya. Warna juga dapat menjadi pesan tersirat yang disampaikan dalam suatu karya seni.
Penggunaan warna pada setiap karya seni dapat menggambarkan emosi yang disampaikan oleh seorang seniman. Misalnya, lukisan berwarna cerah cenderung menggambarkan kebahagiaan, sedangkan lukisan berwarna gelap cenderung mendeskripsikan kesedihan.
Namun, penggunaan warna juga bergantung kepada selera seniman dan penikmat seni. Berikut ini adalah sifat dan notasi warna yang perlu kamu ketahui.

Notasi Warna

zoom-in-whitePerbesar


Menurut buku Seni Budaya oleh Sem Cornelyoes Bangun, dkk., notasi warna adalah sistem identifikasi warna menurut sifat material yang diklasifikasikan berdasarkan responsnya terhadap cahaya (sifat optis).
Dalam konteks ini dikenal sistem munsell, sistem plochere, sistem ostwald, dan sistem maxwell. Tatanan warna dalam spektrum warna (The Hues of The Spectrum) terdiri dari warna-warna pelangi di alam.
Sedangkan dalam lingkaran warna (Color of Circle) terdapat lima pengelompokan warna, yaitu:
  1. Warna primer, yaitu merah, biru, dan kuning.
  2. Warna sekunder, yaitu hijau, ungu, oranye. Ketiganya merupakan hasil pencampuran warna primer.
  3. Warna komplementer, letaknya bertolak belakang pada lingkaran warna. Contohnya, merah dengan hijau, biru dengan oranye, dan kuning dengan ungu.
  4. Warna terang dan gelap diungkapkan dengan warna putih dan hitam.
  5. Warna netral adalah warna abu-abu.

Sifat Warna

Berikut ini adalah sifat-sifat warna dalam sebuah teori warna, menurut buku Seni Budaya oleh Sem Cornelyoes Bangun, dkk.
1. Hue
Hue merupakan sifat warna berdasarkan tingkat kepekatan warna. Misalnya, merah, merah oranye, atau hijau, biru, biru keunguan, dan seterusnya.
2. Value
Value dalam hal ini berarti fenomena keterangan dan kegelapan warna. Nilai rendah adalah warna yang cenderung gelap, sementara nilai tinggi adalah kecenderungan warna yang terang. Kondisi demikian dapat kita lihat pada skala derajat warna abu-abu dari hitam ke putih.
3. Saturation
Sifat warna saturation adalah intensitas nada warna untuk menunjukkan warna-warna menyala dan suram. Semakin murni penggunaan warna, semakin tinggi intensitasnya. Sebaliknya, semakin tidak murni penggunaan warna, semakin rendah intensitasnya.


latihan soal :
1. Jelaskan apa itu warna ?
2. Jelaskan perbedaan warna primer,sekunder, tersier !
3. Apa fungsi warna dalam kehidupan sehari-hari !
4. jelaskan :  
            - warna warna antara
            - warna hangat dan warna sejuk
            - warna kromatik dan akromatik
            - warna objek dan warna pigmen


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.