Header Ads

ads header

Breaking News

Materi Ajar_Recount Text

 

 

Kalau kamu adalah seorang pelajar, dan kamu mempelajari bahasa Inggris di sekolah, pastinya kamu tidak asing dengan English text. Ada banyak sekali jenis English text loh. Di antaranya ada Narrative Text, Discussion Text, Analytical Exposition Text, Explanation Text, Procedure Text dan masih banyak lagi jenis-jenis text yang lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih spesifik satu jenis teks bahasa Inggris yang cukup seru. Mengapa seru? Karena jenis teks ini biasanya dipakai untuk menceritakan pengalaman yang kita lalui. Yah, kita akan membahas tentang Recount Text.

 

Apa itu Recount Text? (What is Recount Text?)

Ketika kamu berlibur ke Pulau Siput di Lewoleba NTT kemudian kamu menceritakan pengalaman liburanmu itu pada temanmu, maka ceritamu itu masuk kategori recount loh. Atau ketika kamu mengalami sesuatu yang kurang mengenakkan kemudian kamu menceritakan pengalaman kamu itu kepada orang lain, ceritamu itu pun bisa dikatakan cerita recount.

Dari ilustrasi singkat di atas, dapat kita simpulkan bahwa recount text adalah jenis text yang berisi atau bercerita tentang kejadian/aktivitas/pengalaman yang seseorang alami. Dalam bahasa Inggrisnya bisa kita katakana recount text is a kind of text that tells about someone’s experience.

 

Tujuan Recount Text (The Purpose of Recount Text)

Recount text dibuat dengan beberapa tujuan, yaitu:

1.      Memberikan Informasi Kepada Pembaca

Text berjenis recount dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang suatu kejadian atau pengalaman di masa lalu pada orang lain. Contoh recount text dengan tujuan ini dapat berupa laporan perjalanan, pengalaman pribadi, atau laporan mengikuti suatu kegiatan.

2.      Menghibur Pembaca

Seperti halnya narrative text, recount text juga memiliki tujuan untuk menghibur pembaca. Hal ini dikarenakan jenis teks ini biasanya berisi tentang hal-hal atau informasi-informasi yang seru sekaligus menyenangkan.

3.      Merefleksi suatu hal

Recount text juga bisa digunakan sebagai media untuk merefleksi sebuah kejadian atau peristiwa. Hal ini dikarenakan recount text menceritakan pengalaman akan sesuatu sehingga kita dapat menjadikan recount text untuk merefleksi sesuatu.

4.      Mendokumentasikan Pengalaman Penting

Biasanya orang mendokumentasikan pengalaman penting melalui video atau foto. Namun, kamu juga bisa menjadikan recount text sebagai media untuk mendokumentasikan pengalaman pentingmu loh.

5.      Mempelajari Sejarah

Dalam konteks pendidikan, recount text juga dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari atau memahami peristiwa sejarah.

Struktur Recount Text (Generic Structure of Recount Text)

Seperti halnya jenis-jenis teks bahasa Inggris lainnya, recount text juga memiliki struktur. Struktur recount text antara lain : Orientation, Series of Events, dan Re-Orientation.

1.      Orientation

Orientation disebut juga bagian pengenalan karena pada bagian ini kita akan mengenalkan siapa tokoh yang akan kita tulis, karakter tokoh yang akan kita tulis, latar belakang waktu dan lokasi dari cerita yang akan kita tulis.

Nah melalui Orientation ini, diharapkan kita akan memudahkan pembaca untuk memahami apa yang akan kita tulis.

 

2.      Series of Events

Series berari serangkaian dan Events berarti kejadian. Sehingga pada bagian ini tentunya kita akan menulis serangkaian kejadian atau kegiatan yang dialami.

 

3.      Re-Orientation

Akhir dari sebuah recount text disebut Re-Orientation. Pada bagian ini, kita akan menulis rangkuman dari kejadian atau peristiwa yang dialami sekaligus menyampaikan akhir dari cerita itu apakah merupakan akhir yang bahagia atau akhir yang menyedihkan.

 

Ciri-Ciri Recount Text (Characteristic of Recount Text)

Recount text memiliki dua ciri utama, yaitu:

1.      Dalam menulis recount text, penulis tidak menghadirkan konflik seperti pada narrative text.

2.      Urutan kejadian atau peristiwa dalam recount text berurutan secara kronologis.

 

Struktur/Kaidah Kebahasaan dari Recount Text (Language Feature of Recount Text)

Ada beberapa kaidah kebahasaan yang perlu kamu ketahui dan perhatikan sebelum menulis recount text. Hal ini bertujuan untuk membedakan Recount Text dengan jenis teks bahasa Inggris lainnya.

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa kaidah kebahasaan dari Recount Text, diantaranya:

1.      Menggunakan Simple Past Tense

Dikarenakan Recount Text bercerita tentang pengalaman dan pengalaman adalah sesuatu yang terjadi/dialami di masa lalu maka dalam menulis Recount Text, kita menggunakan Simple Past Tense.

 

Kalimat Simple Past Tense dapat ditulis dengan menggunakan pola   S   +   P (V2)   +   O untuk verba sentence dan pola    S   +   To Be Past   +   O untuk nomina sentence.

 

2.      Menceritakan objek tertentu (Specific Participant)

Recount text juga erat hubungannya dengan Specific Participant yaitu sesuatu yang memiliki objek tertentu, tidak bersifat umum, dan unik (hanya satu). Atau bisa dikatakan cerita yang ditulis memiliki satu objek yang spesifik.

 

3.      Menggunakan Personal Participant

Dalam menulis recount text, kita menggunakan Personal Participant seperti I, My friend/My group/My family etc. Personal Participant biasanya muncul di bagian Orientation sebagai pengenalan tokoh ataupun karakter dalam cerita.

 

4.      Menggunakan Action Verb

Action artinya tindakan dan Verb artinya kata kerja. Dalam hal ini, ketika menulis recount text, kita menggunakan kata kerja yang dapat terlihat oleh orang lain. Contoh : visited, went, climbed etc.

 

5.      Menggunakan Chronological Connection/Sequence Connective

Chronological Connection/Sequence Connective merupakan kata sambung yang digunakan untuk menyatakan urutan terjadinya peristiwa. Kata sambung ini memudahkan pembaca untuk memahami urutan kejadian/peristiwa secara keseluruhan. Contoh Chronological Connection/Sequence Connective : then, next, in the end, at first, etc.

 

6.      Menggunakan Conjunction

Conjunction adalah bagian dari part of speech yang berfungsi untuk menghubungkan kata, frasa, atau kalimat. Contoh : and, or, until, while, but etc.

 

Macam-Macam Recount Text (Types of Recount Text)

Jenis Recount Text terdiri dari Personal Recount, Factual Recount, Imaginative Recount, dan Historical Recount.

1.      Personal Recount

Personal Recount Text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menceritakan pengalaman pribadi.

 

2.      Factual Recount

Factual Recount Text adalah jenis teks recount yang bertujuan untuk menyajikan laporan terkait peristiwa yang terjadi berdasarkan fakta (benar-benar terjadi)

 

3.      Imaginative Recount

Imaginative Recount Text adalah teks yang biasa digunakan seseorang sebagai cerita dari peristiwa imaginative yang dialami oleh seseorang.

 

4.      Historical Recount

Hiatorical Recount Text adalah bentuk recount text yang isinya menceritakan peristiwa sejarah.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.