Bahasa Inggris XII | Application Letter : Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya
Application Letter: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya
Pengertian Application Letter
Application letter atau surat lamaran pekerjaan
merupakan dokumen yang dikirimkan kepada pimpinan perusahaan atau pihak
perekrut untuk melamar pekerjaan. Surat ini berisi minat, kualifikasi, dan
pengalaman khusus yang dinilai relevan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang
tersedia.
Surat lamaran pekerjaan ini harus menyoroti
pencapaian dan keahlian Anda untuk menarik perhatian dari perekrut atau HRD.
Ketika ditulis dengan baik, surat lamaran ini akan menjelaskan kepada
pembacanya, alasan mereka harus mengundang Anda untuk wawancara dan menilai
Anda cocok bekerja di lowongan yang tersedia.
Surat lamaran pekerjaan yang baik bisa menarik
perhatian perekrut atau HRD dan membedakan Anda dengan kandidat lainnya.
Tunjukkan jika tujuan dan aspirasi profesional Anda selaras dengan tujuan
perusahaan agar surat lamaran dilirik.
Struktur Job Application Letter (Cover Letter)
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan, simak
langkah-langkah di bawah ini untuk menyertakan informasi yang Anda sertakan
lengkap dan menarik bagi pihak perekrut pekerjaan.
1. Gunakan Format Resmi
Surat lamaran kerja harus ditulis dengan
profesional dan menggunakan bahasa formal. Format dokumen harus mencakup spasi
tunggal, margin satu inchi dan rata kiri. Sebaiknya gunakan font Times New
Roman dalam ukuran dari 10 hingga 12 poin.
Usahakan surat lamaran kerja Anda dibuat dalam
satu halaman agar ringkas. Hal ini bertujuan agar surat lamaran Anda dilirik
dan meninggalkan kesan sebagai calon karyawan profesional.
2. Buat Heading
Jangan lupa gunakan heading formal untuk surat
lamaran pekerjaan Anda. Judul ini harus mencakup nama dan informasi kontak
Anda, tanggal dan nama serta alamat perusahaan.
Jika Anda mengirim surat lamaran kerja melalui
email, Anda dapat menghilangkan nama dan informasi kontak Anda dari header dan
meletakkannya di bagian bawah email setelah tanda tangan.
Contoh:
[Nama]
[Kota Anda dan kode pos]
[Nomor telepon Anda]
[Alamat email Anda]
{Tanggal]
[Nama manajer perekrut atau supervisor]
[Judul manajer perekrutan atau supervisor]
[Nama perusahaan]
[Alamat fisik perusahaan]
Dengan menyertakan heading yang profesional dan
detail, Anda bisa mempermudah pihak perekrut untuk menindaklanjuti atau
menghubungi Anda dari kontak yang tersedia.
3. Tujukan Surat kepada Manajer Perekrutan atau HRD
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, sebaiknya
Anda mencari nama pihak yang akan mereview surat lamaran tersebut. Tujukan
surat lamaran kerja Anda kepada orang ini dengan sapaan formal, 'Dear Mr/Ms',
dan nama mereka.
Jika Anda kesulitan mendapatkan sapaan yang tepat
tentang pihak perekrut, Anda bisa menulis, 'Dear (nama lengkap HRD)' atau 'Dear
Hiring Manager'.
4. Kaidah Kebahasaan Job Application Letter (Cover
Letter)
Kaidah kebahasaan mengacu pada fitur bahasa umum
yang dijumpai dalam sebuah teks. Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks
surat lamaran adalah passive voice.
Berikut catatan lainnya:
- Struktur
Kalimat. Grammar yang akurat menjadi poin utama dalam penulisan surat lamaran
pekerjaan.
- Gaya
Bahasa. Bahasa yang digunakan boleh bersifat personal. Misalnya saja
menggunakan kata ganti orang pertama dan kedua.
- Diizinkan
menggunakan contractions, misalnya hes's, she's, haven't, dan they're.
- Meski
menggunakan gaya bahasa informal, jangan pernah gunakan kalimat atau bahasa
yang menyinggung, dan tetap menggunakan kalimat dengan grammar yang tepat.
Contoh Job Application Letter (Cover Letter)
Contoh application letter. Foto: Tangkapan layar/modul Job
Application Letter Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XIII SMKN Senduro/Kemendikbud
Mengutip The Balance Career, berikut ini contoh
Job Application Letter yang dikirim via email:
Subject: Colleen Warren - Web Content Manager
Position
Dear Hiring Manager,
I'm writing to express my interest in the Web
Content Manager position listed on Monster.com. I have experience building
large, consumer-focused health-based content sites. While much of my experience
has been in the business world, I understand the social value of this sector
and I am confident that my business experience will be an asset to your
organization.
My responsibilities have included the development
and management of: website editorial voice and style; editorial calendars; and
the daily content programming and production for various websites.
I have worked closely with healthcare
professionals and medical editors to help them to provide the best possible
information to a consumer audience of patients. I have also helped physicians
to use their medical content to write user-friendly and easily comprehensible
text.
Experience has taught me how to build strong
relationships with all departments in an organization. I have the ability to
work within a team as well as cross-team. I can work with web engineers to
resolve technical issues and implement technical enhancements.
I am confident working with development
departments to implement design and functional enhancements, and to monitor
site statistics and conduct search engine optimization.
Thank you for your consideration.
Colleen Warren
colleen.warren@noemail.com
555-123-1234
www.linked.com/colleenwarren
Cara Membuat Application Letter
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan pastikan
ada poin-poin di bawah ini:
1. Tinjau Informasi Perusahaan dan Posisi
Poin utama saat menulis surat lamaran pekerjaan
tunjukkanlah minat pada posisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Luangkan waktu
untuk mencari informasi tentang perusahaan yang bisa Anda temukan di situs web
perusahaan, serta posisi pekerjaan yang kosong.
Bandingkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan
daftar keterampilan yang dibutuhkan pada lowongan pekerjaan tersebut. Anda juga
bisa mencantumkan pengalaman kerja yang terkait dengan posisi lowongan yang
akan Anda lamar, misalnya saja memimpin tim atau mengelola event besar.
2. Buka Surat Laman dengan Menjelaskan
Ketertarikan Anda
Pada paragraf pertama surat lamaran Anda, sebutkan
judul pekerjaan yang dilamar dan di mana Anda melihat lowongan pekerjaan
tersebut. Cantumkan minat Anda secara spesifik pada lowongan pekerjaan yang
tersedia di perusahaan sehingga pembaca Anda tahu jika surat ini bukan lamaran
pekerjaan umum.
Jelaskan secara singkat pengalaman atau kualifikasi
yang membuat Anda cocok dengan lowongan yang tersedia. Ini merupakan poin yang
akan menarik bagi perekrut atau HRD.
3. Uraikan Pengalaman dan Kualifikasi Anda
Pada paragraf selanjutnya surat lamaran kerja
harus menyoroti pengalaman, kulifikasi, dan keahlian Anda yang selaras dengan
tujuan dan misi perusahaan.
4. Sertakan Aspek Kepribadian Anda
Ketika menulis surat lamaran pekerjaan,
pertimbangkan untuk mencantumkan aspek kepribadian Anda dengan tetap
profesional. Susun surat dengan ramah dan menarik agar dilirik perekrut
pekerjaan.
5. Sampaikan Apresiasi
Sebelum menandatangani surat lamaran pekerjaan,
sampaikan tentang apresiasi Anda kepada perekrut atau HRD yang membaca surat
dan mempertimbangkan lamaran Anda. Pihak perekrut telah meluangkan waktunya untuk
membaca surat lamaran yang Anda tulis, jadi sampaikan rasa terima kasih untuk
waktu yang telah dihabiskan secara sopan dan profesional untuk menutup dokumen.
Misalnya, 'I appreciate the time you have taken to
review my application letter. Since you likely received a number of
applications and letters for this open position, I am extremely grateful for
the time you have spent reading about me and what would make me a good fit for
this role'.
6. Penutup Surat
Banyak orang menggunakan 'Sincerely' atau ' Best'
untuk menutup surat dengan tanda tangan. Penutup surat lamaran pekerjaan harus
berisi nama lengkap Anda. Jika Anda mengirimkan hard copy surat tersebut,
sertakan tanda tangan Anda di atas nama Anda. Saat mengirimkan surat lamaran
melalui email, Anda harus menyertakan informasi kontak Anda di bawah nama Anda,
bukan di header.
Tidak ada komentar
Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.