KB. 1 Offering Services and Its Responses | Bahasa Inggris XII
Nah pelajar yang budiman, berkaitan dengan hal diatas kita akan memulai bab pelajaran pertama yaitu offering services and its responses atau yang bisa kita katakan menawarkan bantuan beserta responnya.
video yang berkaitan dengan offering service and its response
Apa itu offering help
and service?
Dilansir dari Merriam-Webster, pengertian offering merupakan suatu tindakan seseorang yang menawarkan sesuatu. Offering help and service adalah cara atau ekspresi untuk menawarkan bantuan kepada seseorang yang membutuhkan.
Fungsi sosial
Kita bisa meggunakan
beberapa ekspresi menawarkan bantuan dalam suasana formal dengan bahasa yang
lebih sopan misalnya dalam suasana rapat, dalam forum ataupun bergadapan dengan
orang yang lebih tua atau lebih senior dari pada kita.
- May I help you? (Ada yang bisa saya bantu?)
- Would you like me to help you? (Apakah Anda ingin saya membantu Anda?)
- Shall I help you? (Haruskah saya membantu Anda?)
- Should I open the window? (Haruskah saya membuka jendela?)
Dalam
dituasi ini kita biasanya menggunakan ekspresi ini pada sahabat ataupun teman
sejawat
Berikut ini contoh offering help and services dengan kalimat informal:
- Do you want me to help you? (Apakah kamu mau aku membantumu?)
- Can I get you some paper? (Bisakah aku membantumu mendapatkan kertas?)
- What if I help you doing the homework? (Bagaimana jika aku membantumu mengerjakan PR?)
- Have some snacks? (Mau camilan?)
- Drink? (Mau minum?)
- I’ll buy an umbrella if you like. (Aku akan membeli payung jika kamu mau.)
Accepting Service/Help (Menerima jasa/Bantuan)
Contoh kalimat menerima tawaran dalam Bahasa Inggris:
- Okay. (Oke)
- You are very kind. (kamu sangat baik)
- Yes, please. (Ya, tolong)
- Yes, thank you. (Ya, terima kasih)
- Certainly. (Tentu saja)
- Thank you. (Terima kasih)
- Thanks. (Terima kasih)
- That would be great. (Itu akan sangat bagus)
- That’s a good idea. (Ide bagus)
- That’s very kind of you. (Kamu sangat baik)
- No, thank you. (Tidak, terima kasih)
- It’s okay, thank you. (Tidak perlu, terima kasih)
- No, I’m fine. Thank you. (Tidak, saya tidak apa-apa. Terima kasih)
- I can do it myself. (Saya bisa melakukannya sendiri)
- I can manage it. (Saya bisa mengaturnya sendiri)
- I can handle it (Saya bisisa mengatasinya sendiri)
- Please don’t bother. (tidak usah repot-repot)
Shop Assistant: Good Afternoon, Ma’am. May I help you? (Selamat siang, Nyonya. Ada yang bisa saya bantu?)
Mrs. Jasmine: Yes, please. I’m looking for the sample size of this product. (Ya, tolong. Saya mencari ukuran sampel dari produk ini.)
Shop Assistant: I’m sorry, Ma’am. We only have the full size. (Maaf, Nyonya. Kami hanya mempunyai ukuran yang penuh.)
Mrs. Jasmine: Oh, I see. (Oh, begitu.)
Shop Assistant: Would you like me to help you find another product, Ma’am? (Apa Anda mau saya membantu Anda untuk mencari produk lain, Nyonya?)
Mrs. Jasmine: No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
Tidak ada komentar
Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.